Kamis, 13 Desember 2018

SENI

Seni merupakan sesuatu yang sulit untuk didefinisikan, karena kedalaman dan kekompleksitasannya. Menurut antropologi, kesenian merupakan salah satu unsur dari kebudayaan.  Maka dari itu, seni tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Seni memiliki fungsi dan tujuan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi dan tujuan seni.


A.Fungsi Seni
Berdasarkan fungsinya sebagai pemenuh kebutuhan, fungsi seni dapat dibedakan untuk diri sendiri (Individual) dan untuk orang banyak (Sosial). Berikut adalah pengelompokannya :

1.Fungsi Individual
Fungsi individual berarti seni sebagai pemenuh kebutuhan seorang manusia baik dari segi fisik maupun emosional manusia. Berikut adalah pembagian fungsi individual seni :

  1. Fisik : Fungsi seni ini dihubungkan dengan fisik manusia. Seperti busana, perabot, musik senam, rumah, dan sebagainya.
  2. Emosional : Fungsi seni ini dihubungkan dengan perasaan/psikis manusia. Dipenuhi melalui seni murni, dimana fungsi ini berlaku bagi si pembuat ataupun konsumen yang menikmati seni tersebut. Contohnya lukisan, novel, musik, tari, film, dan sebagainya.

2.Fungsi Sosial
Fungsi sosial berarti seni sebagai pemenuh kebutuhan bagi banyak orang dalam waktu bersamaan. Suatu karya seni dapat dikatakan memiliki fungsi sosial apabila :

  1. Dapat dimanfaatkan di lingkungan sosial atau tempat umum
  2. Dapat melakukan aspek-aspek eksistensi yang berisfat sosial atau kolektif sebagai kebalikan dari suatu pengalaman individual.
  3. Dapat mempengaruhi tingkah laku bersama dalam masyarakat.

Fungsi sosial ini dapat diterapkan dalam beberapa bidang, yaitu :

a.Fungsi Sosial Seni Bidang Rekreasi
Fungsi ini berarti seni dijadikan sebagai sarana penghibur bagi orang banyak untuk memberikan kesenangan kepada banyak orang. Contoh seni dibidang ini adalah pertunjukan wayang, film, lawak, dan lain-lain.

b.Fungsi Sosial Seni Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, seni memiliki fungsi sebagai sarana yang mempermudah proses belajar agar siswa lebih mudah menerima dan mengerti tentang apa yang diajarkan. Sebagai contoh siswa disuguhkan film mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia.

c.Fungsi Sosial Seni Bidang Komunikasi
Di bidang komunikasi, seni dapat digunakan untuk menyampaikan suatu pesan dengan tampilan yang lebih menarik kepada orang banyak. Sebagai contoh poster, drama, komedi, dan reklame.

d.Fungsi Sosial Seni Bidang Keagamaan
Dalam bidang agama, seni dapat dijadikan sebagai ciri atau pesan keagamaan. Contoh busana muslim, arsitektur seperti candi yang menuju pada agama Buddha atau Hindu, dan lagu-lagu rohani.

B.Tujuan Seni
Tujuan diciptakannya seni sangat beragam. Ada yang untuk mencari uang, untuk kepentingan bersama, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa tujuan seni :

  1. Mengembangkan kreativitas : Dengan seni, manusia dapat mengembangkan kemampuannya untuk menciptakan sesuatu lebih sempurna lagi.
  2. Mengembangkan kemampuan untuk berapresiasi : Orang yang biasanyanya menghayati seni akan memiliki kemampuan untuk mengetahui nilai budaya dan seni.
  3. Mengembangkan keterampilan : Keterampilan teknis dalam berkarya seni dapat pula mengembangkan keterampilan dalam pekerjaan lain dan terampil dalam menggapai kesulitan dan hambatan.
  4. Mengembangkan kepribadian : Seniman yang baik selalu memiliki karya seni yang khas/unik dengan kepribadiannya.




Nah, itu tadi penjelasan mengenai Fungsi dan Tujuan Seni. Semoga, dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai Seni.





Ini adalah salah satu goresan saya,, teman-teman juga bisa order ^^
KUYY FREE ORDER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SENI

Seni merupakan sesuatu yang sulit untuk didefinisikan, karena kedalaman dan kekompleksitasannya. Menurut antropologi, kesenian merupakan s...